Selasa, 10 Juni 2014

Healthy Food for Healthy Body!

Di zaman seperti sekarang ini, kesehatan seakan-akan menjadi suatu hal yang sangat wajib. Dengan kondisi yang sehat, tentunya kita akan bisa melakukan berbagai macam kegiatan tanpa ada kendala suatu apapun. Lalu, ada berbagai macam cara agar manusia senantiasa sehat dan tampil bugar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan memakan makanan sehat, maka seseorrang akan terhindar dari penyakit. Di sisi lain, makanan yang digolongkan sebagai makanan yang sehat hendaknya memenuhi kandungan yang bersifat 4 sehat 5 sempurna. Kandungan-kandungan tersebut diyakini mampu memenuhi kebutuhan tubuh pada setiap harinya. Menanggapi hal tersebut, berikut ini merupakan contoh menu makanan sehatyang enak.
Dalam pembuatan makanan sehat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti kandungan gizi, vitamin, mineral serta karbohidrat yag cukup bagi kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, menu Ayam Goreng bumbu Bali dirasa menjadi salah satu pilihan yang baik. Menu ini sendiri tergolong mudah dalam proses membuatnya.
Persiapan bahan-bahannya antara lain;
-          1 ekor ayam, dipotong kecil-kecil menjadi 12 bagian
-          1 sendok makan jeruk nipis
-          1 sendok teh garam
-          1 cm lengkuas yang telah dimemarkan
-          2 lembar daun salam
-          2 buah tomat, dipotong menjadi kecil-kecil
-          2 sendok kecap manis dan
-          3 lembar daun jeruk purut
Selain itu, terdapat pula bahan-bahan penting yang digunakan sebagai bumbu agar makanan sehat yang dihidangkan juga makin enak dan lezat. Beberapa kombinasi bahan-bahan yangharus dipersiapan diantaranya seperti;
-          1 buah kaldu blok
-          1 sendok teh garam
-          2 cm jahe
-          3 buah kemiri, lalu jangan lupa untuk disangrai
-          4 buah bawang putih
-          8 buah bawang merah
-          10 buah cabai
Jika semuanya bahan bumbu siap, maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan-bahan bumbu menjadi satu dan tumbuk hingga halus. Pastikan semua bahan benar-benar tertumbuk halus. Setelah itu, taruh bumbu kedalam sebuah wadah yang steril dan tertutup.
ayam goreng bumbu bali
ayam goreng bumbu bali
Langkah terakhir dari proses pembuatan Ayam Goreng Bumbu Bali adalah memasak semua bahan dan bumbu menjadi satu. Tahapan memasaknya antara lain;
-          Lumuri ayam dengan jeruk nipis sampai merata. Setelah itu jangan lupa untuk melumuri garam agar bau amis pada ayam hilang. Setelah selesai diamkan selama 15 menit, lalu goreng hingga matang.
-          Langkah kedua adalah masukan bumbu dan bahan-baha yang telah dipersiapkan tadi, lalu tumis semuanya hingga merata dan beraroma wangi.
-          Langkah terakhir adalah memasukan ayam dan beri sedikit air agar bumbu mudah meresap, lalu aduk-aduk hingga matang.
Setelah prosesnya selesai, maka menu makanan sehat ini siap disajikan untuk keluarga tercinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar